Jumat, 30 November 2012

100 fakta tentang hewan


Banyak sekali fakta soal binatang yang belum diketahui dan info yang banyak yang enggak tahu. Maka, aku mengumpulkan dari banyak sumber(terutama Majalah Bobo) untuk mengerjakan tulisan ini.
Tanpa banyak bicara langsung kita mulai.
001.Lumba-lumba TIDAK TIDUR SAMA SEKALI di 1 bulan pertama(1 bulan penuh!) di hidupnya!!!
002.Lumba-lumba makan ikan bisa 15 kg/hari(rakus ya)!!!
003.Saat mengerami telur, penguin jantan berpuasa(jangan sampe batal!).
004.Otak kuda berukuran sebesar kentang(wah kecil bener ya).
005.Lebah pekerja semuanya betina(wah yang betina bisa kerja keras juga nih)
006.Usia orang utan rata-rata 60 tahun(beda tipis dgn angka harapan hidup rata-rata di dunia ya)
007.Di Jepang, binatang kaki seribu disebut dengan kaki seratus(kebanyakan ya?)
008.Di Hawaii, ada 12 jenis lalat yang dilindungi(wah jgn coba-coba bunuh lalat di Hawaii ya)
009.Di Turki dan India, ada dua es krim yang sangat terkenal, yaitu(berurutan) susu kambing dan susu kerbau…
010.Warna susu kudanil merah muda(mirip darah ya)
011.Kudanil punya cairan merah muda yang berfungsi sebagai “sunblock” atau melindunginya dari panas matahari.
012.Tidak ada harimau yang punya belang sama(wah kayak sidik jari manusia ya)
013.Kalau gajah mengamuk dan hendak lari ke arah gunung, berarti akan terjadi tsunami.
014.Berat otak gajah 4-6 kg (namanya juga badannya besar).
015.Kelinci suka makan kotorannya sendiri(ihhh jijik!!!)
016.Makanan yg dimakan oleh panda sebagian besar langsung dikeluarkan melalui feses(buang air besar)nya(wah jadi yg kepake dikit dong)
017.Penciuman kucing 4x penciuman manusia.
018.Pendengaran kucing > pendengaran anjing!!!
019.Kucing bisa melompat sampai 5x tinggi bandannya(busettt!!!)
020.Kutu bisa melompat sampai 200-300x tinggi badannya(wah pantesan kutu suka kelihatan mendadak di atas rambut)
021.Kuda laut tidak punya gigi(wah kayak kakek-kakek ompong dong…)
022.Habis makan kenyang, singa bisa tidur 20 jam sehari(wah pemalas ya…)
023.Sekujur tubuh lebah madu dipenuhi bulu.
024.Anjing punya 42 gigi(wah pantesan lebih kuat mengunyah dari manusia)
025.Pelikan suka menyimpan ikan di mulutnya(wah menimbun makanan nih)
026.Umur hiu bisa sampai 100 tahun(wah panjang umur ya kakek hiu)
027.Ibu kudanil melahirkan anaknya di dalam air(wah kayak katak dong)
028.Anjing berkeringat lewat kakinya(wah kalo di bawah anjingmu basah jangan dikira ngompol ya)
029.Penguin bisa menahan napas di dalam air selama 20 menit!!!(wah lebih kuat dari manusia dong, emang ngapain aja dia di air?)
030.Seekor ayam bisa menghasilkan telur 250 butir setahun(makanya orang pada mau ternak ayam ya…)
031.Di Hong Kong, ada larangan memelihara ayam(takut flu burung kali)
032.Tikus itu buta warna(jenis apa ya?)
033.Tikus sekali melahirkan bisa sampai 15 anak(wah banyak bener makanya pertumbuha tikus susah dikendalikan)!!!!
034.Panda jago memanjat pohon(buat dapetin daun ya?).
035.Panda juga jago berenang(wah kalah nih manusia)
036.Bentuk sepatu kuda seperti huruf U(yg pernah naik kuda pasti ngelihatin dong)
037.Gigi hiu sekeras besi(wah jangan berani-berani sama hiu ya)!!!
038.Tidak ada binatang reptilia di Antartika(ya iyalah jangankan reptilia manusia juga cuma penelitian sama manjat gunung di situ)
039.Di dunia ini ada 10.000 jenis semut(wow!!!)
040.Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang bisa terbang(wah bangga nih bung kelelawar)!
041.Hidung anjing basah=anjing itu sehat.
042.Kucing itu jarang sakit(wah hebat ya kucing).
043.Kecepatan lari cheetah=kecepatan maksimum di jalan tol!!!(sekitar 90-100 km/jam!!!!)
044.Kecepatan lari kudanil bisa secepat mobil(40-65 km/jam)(biar gendut tapi kuat larinya dong!)!!!
045.Koala mirip beruang tapi mereka sama sekali bukan jenis beruang(jgn salah kaprah ya)
046.Semua cangkang telur reptil itu empuk(bisa ditidurin dong)!
047.Seeekor murai dalam sehari bisa bolak-balik sampai 100 kali ke sarangnya utk memberi makan anaknya(wah sayangnya ya sama anaknya…)
048.Komodo itu kanibal(sadis ya)
049.Dalam setetes air terdapat sekitar 50 juta bakteri(hiiii…)
050.Kecoak sangat suka makan lem yang ada di amplop(awas jgn sampe lem amplop dimakan kecoak!)
051.Nyamuk betina mengisap darah untuk membantu perkembangan telurnya(wah…)
052.Di kota Utsunomiya, Jepang, ada 2 restoran unik yg pelayannya 2 ekor monyet(mau dong dilayanin sama monyet…)
053.Komodo tidak mengerami telurnya tetapi menguburnya di dalam tanah(wah kasihan bener anaknya ditinggalin)
054.Berat telur burung maleo 5 kali telur ayam(wah pantesan diburu terus)
055.Jerapah menggunakan lidah untuk membersihkan kupingnya(ketinggian kali)
056.Laba-laba bisa berpuasa makan sampai 208 hari(wow)
057.Kecoak tetap hidup 9 hari meski kepalanya udah enggak ada.
059.Lumba-lumba bisa mengerti 100 kata dalam bahasa manusia.
060.Di Skotlandia, Inggris, ada penguin yang bisa mengerti 20 kata dalam bahasa Inggris.
061.Punuk unta isinya bukan air(terus apa?)
062.Kalau diserang musuh, kaki seribu suka pura-pura mati(dikira mati…)
063.Tupai pandai melompat di antara 2 pohon dengan gerakan mirip terbang.
064.Selama 6 bulan setelah lahir, anak kanguru tinggal di dalam kantong induknya.
065.Seekor penyu bisa bertelur sampai 100 butir(wow!)
066.Dalam sehari ratu lebah bisa bertelur sampai ribuan butir(wowww).
067.Kaki depan kucing punya 5 jari, kaki belakangnya 4 jari(enggak seimbang ya)
068.Pada cangkang telur terdapat sekitar 17.000 pori-pori(sama dgn pulau di Indonesia dong)
069.Setiap hari burung murai cuma tidur 5 jam(21.30-02.30)(lebih dari orang ya)!!!
070.Lalat punya 400an mata kecil-kecil(pantesan susah ditangkep)
071.Sekali bertelur, induk lalat bisa mengeluarkan 500 butir(wah)
072.Berat badan bayi kudanil saat dilahirkan bisa sampai 65 kg(Wowww!!!)
073.Bayi gajah bisa minum 80 liter susu/hari(wah dasar rakus)
074.Rusa kutub suka makan lumut karena mengandung zat yg membuat ia tetap hangat.
075.Domba bisa makan 1-4 kg makanan setiap hari!!!
076.Frekuensi kepakan sayap lebah sekitar 16 Hz(10.000 kepakan/menit)(gak capek tuh?)
077.Cacing tanah bernapas dengan kulitnya.
078.Kulit katak mengandung zat antibakteri yg sangat tinggi(pantesan beracun)
079.Tikus enggak bisa memanjat tembok, tapi bisa memanjat pipa/apapun yg bisa dia cengkeram.
080.Kepiting ternyata ada bulunye

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar